Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

foto bersama El-malik

foto bersama El-malik

Senin, 04 Februari 2013

PERKEMBANGAN ISLAM DI NUSANTARA



Mmenurut para ahli sejarah masuknya islam banyak melalui perdagangan dan hubungan sosial juga memalui pendidikan dan pengajaran



KERAJAAN ISLAM DI DAERAH JAWA

1. KERAJAAN DEMAK
adalah kerajaan islam pertama di Jawa yang didirikan oleh RADEN PATTAH. sebelum menjadi kerajaan Demak adalah daerah kekuasaan MajaPahit dan ketika MajaPahit runtuh tahun 1478 Demak bangkit menjadi kerajan islam pada tahun 1403 saka atau 1481M pada masa RADEN PATTAH (1481-1518) kerajaan Demak, berkembang menjadi kerajaan besar. wilayahnya meliputi JawaTengah,Pantai Utara Jawa, dan bahkan kekuasaan Demak meluas ke sukadana Kalimantan Selatan, Palembang, dan Jambi.
dan runtuhnya kerajaan demak pada tahun 1568.

2. KERAJAAN CIREBON
pada awalnya Cirebon merupakan salah satu daerah yang berada di bawah kekuasaan Padjajaran. dan hanya merupakan desa dalam wilayah kerajaan Sunda (Caruban) sekitar abad ke 16M.
Cirebon mulai membentuk pemerintahn mandiri pada masa pengeran Chakra Buana. ia mendirikan istana pakung wati. setelah berhaji pangeran mengakuhkan dirinya sebagai Raja Cirebon yang pertama dan digantikan oleh Syekh Syarif Hidayatulloh pada tahun 1479.
Syarif Hidayatulloh juga di sebut sebagai Sunan Gunung Jati yang merupakan salah satu WaliSongo.


3.KESULTANAN BANTEN
pada awalnya wilayah Banten merupakan bagian dari wilayah Demak. Banten menjadi daerah sendiri ketika Demak mengalami kemunduran.
sultan pertama adalah Sultan Hasanudin pada tahun 1522-1570 (putra Fatahillah) pada masa pemerintahan Sultan Hasanudin ,Banten berkembang menjadi pusat perdagangan. Faktor lain yang mendorong Banten berkembang adalah jatuhnya Malaka ketangan Portugis. dan Banten merupakan penghasil lada dan beras.

4. KERAJAAN MATARAM
berdiri pada abad ke 16M. kerajaan ini didirikan oleh penembahan Senopati (Sutawijaya, 1586-1601).
pusat kerajaanya terletak di Yogya sekarang . pusat kejayaannya terjadi pada masa pemerintahan Raden Rangsang (1613-1645). ia lebih dikenal dengan sebutan Sultan Agung yang merupakan raja terbesar Mataram . wilayah kekuasaan matarammeliputi seluruh JawaTengah , JawaTimur, Madura. kekuasaan Mataram berpengaruh juga di Cirebon,Sumedang,&Tatar ukur atau Bandung sekarang kecuali Banten.

0 komentar:

Posting Komentar

tolong komentar yang baik-baik saja ^^